PPU Dan Humbang Hasundutan, Sumut Jalin Kerja Sama Pembangunan Daerah Bidang Komoditi Pangan

HARIANPPU.ID, Doloksanggul- Guna menekan kelangkaan bahan pokok pangan di pasaran dan harga sejumlah komoditi pangan yang melonjak tinggi. Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjalin kerja sama pembangunan daerah bidang pertanian dan ketahanan pangan dengan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Penandatanganan kerja sama antara dua pemerintah daerah tersebut secara langsung dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun dengan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor yang berlangsung di Komplek Kantor Bupati Humbang Hasundutan, Jalan Mayor Saur H. Purba Bukit Inspirasi Doloksanggul, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Jum’at sore (29/12/2023).

Read More

Makmur Marbun mengungkapkan dipilihnya Kabupaten Humbang Hasundutan dalam kerja sama pembangunan daerah bidang pertanian dan ketahanan pangan ini karena memiliki pengembangan food estate dengan berbagai komoditi yang saat ini dibutuhkan di PPU dalam memenuhi kebutuhan pangan dan barang di pasaran termasuk bagian dari upaya jangka pendek menangani inflasi di daerah.

” Adanya kerjasama ini, nantinya sejumlah komoditi pangan yang sering melonjak tinggi seperti cabai, bawang, kentang, wortel dan sejumlah bahan pokok lainnya yang sering mengalami kelangkaan dan lonjakan harga dipasaran dapat kita atasi dengan skema kerjasama antara Pemerintah Kabupaten PPU dan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dengan program food estatenya,”ujar Makmur Marbun.

Tidak hanya itu, dia juga menjelaskan kunjungan dalam kerja sama antar pemerintah daerah ini merupakan tindak lanjut dari pertemuannya dengan Panglima dan Menteri Pertanian beberapa waktu lalu terkait persoalan ketersediaan pangan dan sejumlah komoditi di Kabupaten PPU.

Bahkan, dia juga menjelaskan bahwa sudah dilakukan memetakan persoalan penyebab kelangkaan sejumlah komoditi, baik dari sisi jarak, jumlah ketersedian barang serta harga-harga yang cenderung naik secara tiba-tiba dan cepat.

Dia menyatakan daerah yang memiliki pengembangan food estate ini akan jadi mitra dalam skema kerja sama agar bahan pokok yang kurang tersedia dan menjadi permintaan paling banyak di Kabupaten PPU dapat teratasi.

Baca Juga :  Jokowi Tegaskan Pentingnya Pemantauan Perkembangan Proyek di IKN Usai Groundbreaking

“Tentunya inilah berbagai upaya yang terus kita ilakukan guna menekan inflasi terhadap sejumlah barang pokok pangan didaerah,”jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan melibatkan para jajaran OPD terkait dalam kerjasama antar pemerintah daerah ini, bahkan meninjau langsung pengembangan food estate yang ada dapat memperhitungkan komoditi mana saja yang didahulukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dipasaran saat ini bagi masyarakat PPU.

” Semoga kerja sama ini dapat berjalan sesuai dengan harapan kita, pemerintah daerah melalui OPD terkait juga akan mengoptimalkan dengan menghitung hal-hal pendukung program kerja sama ini, dan didukung oleh jajaran OPD terkait di Kabupaten Humbang dalam sejumlah regulasi dan skema kerjasama yang ada. Khususnya yang berkaitan dengan skema pengiriman barang agar sesuai dengan waktu dan kondisi barang tetap sesuai dengan dibutuhkan,”pungkasnya.

Senada, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor mengungkapkan adanya upaya kerja sama dari Pemkab PPU sangat meyambut baik apalagi daerah Kabupaten Humbang memang memiliki geografis dengan pengembagan pertanian yang cukup luas serta mayoritas masyarakatnya petani sayur mayur yang hasilnya dijual keluar daerah.

” Kami sangat berterima kasih Kabupaten PPU sudah bersedia hadir dan melihat langsung pengembangan food estate di Kabupaten Humbang. Berkaitan dengan kerjasama bidang pertanian kami siap memenuhi kebutuhan yang diminta Kabupaten PPU, apalagi masyarakat disini mayoritas semuanya bertani sehingga dapat memerikan semangat yang lebih bagi para petani dan penghasilan petani lokal disini,”ucap Dosmar.

Untuk itu, tambahnya, guna kelancaran kerja sama antar dua daerah ini diperlukan pembahasan lebih lanjut, utamanya berkaitan dengan skema kerja samanya.
“Sehingga dalam pelaksanaannya dapat saling memberikan dampak positif baik bagi Kabupaten PPU dalam pemenuhan bahan pokok pangannya maupun bagi Kabupaten Humbang dalam pengembangan food estate dan pendapatan petani lokalnya.”tutupnya. (ADVERTORIAL)

Related posts