Pj Gubernur Kaltim Resmikan Penangkaran Rusa Sambar Milik Pemda PPU

HARIAN.ID, PENAJAM- Penangkaran rusa sambar milik Pemerintah kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang berada tepat di belakang kantor Bupati PPU, kilometer 09 Nipah-Nipah ini diresmikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik usai menghadiri kegiatan upacara HUT PPU ke-22, Minggu, (10/3/2024) siang.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penguntingan pita oleh Pj Gubernur Kaltim didampingi langsung Pj. Bupati PPU, Makmur Marbun dan pejabat terkait lainnya.

Read More

Dalam sambutannya disela-sela ini Akmal Malik mengatakan bahwa selama ini masyarakat jika melintas di kabupaten PPU dapat menyaksikan rusa tepat didepan kantor bupati PPU. Tetapi rusa-rusa tersebut hanya dalam bentuk patung yang terbuat dari besi.

“ Makanya saya bilang tugas kita salah satunya adalah melestarikan lingkungan, dan ekosistem. Nah makanya saya tanya kepada pemerintah PPU apa yang telah dilakukan dalam pelestarian simbol-simbonya,” bebernya.

Akmal Malik menambahkan bahwa Jangan hanya pemerintah provinsi yang melakukan pelestarian rusa sambar tersebut. Karena menurutnya, bahwa hewan tersebut adalah simbolnya PPU sehingga dapat dikatakan itu menjadi tugas pemda PPU dalam melestarikan hewan yang menjadi ikon daerahnya itu..

Baca Juga :  Makmur Marbun Terima Audiensi FKUB

“ Jangan hanya berani pelihara rusa-rusa besi saja atau patungnya, tetapi berani memelihara atau mengembangkan aslinya yang hidup karena kita ditugaskan untuk memelihara lingkungan kita. Jadi itu alasan kita minta kenapa penangkaran ini ada disini,” jelasnya.

Kedepan tambah dia penangkaran tersebut bisa dikembangkan lagi. Karena menurutnya rusa sambar yang merupakan hewan endemiknya PPU dan ikon daerah tersebut benar-benar hidup di masyarakat.

“ Maknanya apa, kita menjaga warisan leluhur, kita menjaga lingkungan kita,” tutupnya.

Seperti diketahui penangkaran rusa sambar milik pemda PPU ini kurang lebih satu bulan lalu telah diisi sebanyak sepuluh ekor rusa yang dipindahkan dari UPT penangkaran rusa Desa Api-api, kecamatan Waru milik pemprov Kaltim.

Dari pengamatan bagian Humas dan Protokol Setkab PPU, perkembangan hewan rusa yang ada dipenangkaran ini cukup baik. Tampak sejumlah hewan rusa yang sebelumnya terlihat kurus kini menjadi lebih sehat dan gemuk. Pengunjung pun tampak silih berganti datang ke lokasi ini. (ADVERTORIAL)

Related posts