Makmur Marbun Pimpin Apel Hari Amal Bakti Ke- 78

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) memimpin apel peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) PPU, Rabu (03/01/2024).

Kegiatan yang mengangkat tema “Indonesia Hebat Bersama Umat” ini dirangkai dengan pemberian penghargaan Satyalancana dari Presiden Republik Indonesia, serta peninjauan lokasi rencana pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT).

Read More

Pada kesempatan itu Pj Bupati PPU Makmur Marbun membacakan sambutan Menteri Agama RI mengatakan sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Di antara tugas beratnya adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

“Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan,”ungkapnya.

Makmur Marbun menambahkan momentum pergantian tahun dan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama ini adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang diusung pada HAB ke 78 tahun ini bermakna bahwa semua harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

“Mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kita akan betul betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia Hebat,”pintanya.

Baca Juga :  Golkar PPU Berbagi Takjil Bagi Pengguna Jalan Raya

Untuk menghadapi gelaran Pemilu Presiden dan Legislatif, dia juga menghimbau kepada ASN dan non ASN Kemenag untuk bersikap netral agar tercipta demokrasi yang jujur,aman, adil, bebas, rahasia. Dengan balutan netralitas itu, dia meminta kepada ASN Kemenag untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat.

“Mari kita kawal pemilihan umum ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharat nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita,”harapnya.

Sementara itu Kepala Kemenag Kab PPU Muhammad Syahrir menambahkan hari ini hari kegembiraan, hari lahir Kementerian Agama ke-78 tahun masih tetap eksis di seluruh Indonesia berkat perjuangan para ulama para pendiri bangsa.

“HAB ke-78 seluruh Indonesia melakukan apel memang apel tahun ini dilaksanakan semi formal berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun ini memasuki tahun politik,”ungkapnya.

Lanjut Syahrir memasuki tahun 2024 sebagai tahun politik Kemenag di Kabupaten PPU tetap menjaga kerukunan umat beragama, menjaga toleransi beragama dan moderasi beragama sebagaimana yang menjadi 7 program prioritas Kemenag.

“Kami bersama Pj Bupati PPU didampingi Sekertaris Daerah (Sekda) dan unsur Forkopimda juga meninjau lokasi rencana pembangunan PLHUT ini merupakan bagian dari pelayanan keagamaan untuk haji akan datang,”terangnya.

Syahrir menambahkan sebelumnya PLHUT telah dibangun di Kabupaten Kutai Timur ditahun 2021, Kabupaten Paser ditahun 2022, Kabupaten Kutai Barat tahun 2023, dan ditahun 2024 Kabupaten PPU. Ini pembiayaan dari surat berharga syari’ah negara (SBSN) yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), merupakan program pelayanan haji secara menyeluruh,

“Termasuk bank penerima setoran (BPS) penyelenggara ibadah haji khusus/umroh nantinya akan terpusat di PLHUT. Kami memohon doa dan dukungan agar pembangunan PLHUT tahun ini berjalan aman dan lancar, “pungkasnya. (ADVERTORIAL)

Related posts