Koramil Penajam Amankan Terpedo Yang Diduga Peninggalan Perang Dunia Ke-II

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Seorang warga bernama Yamna menemukan sebuah Peledak dengan jenis Terpedo di duga sisa Perang Dunia II di Hutan di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam , Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (3/1/2024.

Dandim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandy melalui Danramil Penajam Kapten Inf Marthinus Aluy mengatakan bahwa dari keterangan Yamna pertama menemukan barang tersebut tanggal 22 September 2023 sekitar Pukul 17.15 Wita ketika ia mengecek Jerat Babi Hutan yang ia pasang di Hutan Kelurahan Buluminung.

Read More

Kemudian Yamna kembali lagi tanggal 23 September 2023 pukul 14.00 Wita bersama Rey Dendo dan Agus kembali melihat Benda tersebut dan Setelah ketiganya tiba dilokasi selanjutnya melakukan pengambilan Dokumen berupa Foto dan Video selanjutnya ketiganya melakukan penggalian dan disandarkan di pohon dan ia langsung melaporkan kepada pihak Danramil Kecamatan Penajam, untuk ditindak lebih lanjut.

Baca Juga :  Momen Kenaikan Pangkat, Kodim 0913/PPU Berikan Santunan Kepada Anak Yatim

 

“Setelah kami menerima laporan kami langsung melaporkan kepada Dandim terkait dengan penemuan warga dan selanjutnya Dandim memerintahkan untuk mengecek langsung dilokasi,” kata Marthinus Aluy.

Kata dia, bahwa benda tersebut benar merupakan torpedo dan sudah dicek di lokasi penemuan. Torpedo yang ditemukan itu dalam keadaan utuh, dengan panjang sekitar 90 centimeter dan berdiameter 80 centimeter.

 

Lanjutnya lokasi Penajam dan sekitarnya merupakan daerah Pertahanan saat terjadi Peperangan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Bukti sejarah dimana terdapat benda – benda seperti Meriam di Kelurahan Gunung Seteleng dan di Kelurahan Jenebora Kecamatan Penajam.

“Tidak menutup kemungkinan masih banyak benda – benda peninggalan sisa peperangan yang tertimbun tanah di wilayah PPU. Terpedo sudah kami amankan sebagai tindakan lebih lanjut,” ucapnya.

Tim Liputan Harian PPU

Related posts