Pancaroba, DPRD PPU Ingatkan Semua Pihak Waspada Potensi Banjir

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Memasuki masa transisi pancaroba dari El Nino ke La Nina di Kabupaten Penajam Paser Utara, DPRD PPU berharap agar pemerintah daerah (Pemda) setempat melakukan persiapan menghadapi potensi banjir.

Wakil Ketua II DPRD PPU Hartono Basuki belum lama ini berharap Pemda dan semua stakeholder bersama-sama menyusun dokumen rencana kontingensi yang dijadikan pedoman ketika bencana banjir melanda.

 

“Mereka harus mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan dan memiliki langkah-langkah mitigasi,” kata Hartono.

Ia juga mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat untuk membersihkan lingkungan mereka guna mencegah terjadinya sumbatan air.

Baca Juga :  Didampingi Pj Bupati PPU, Jokowi Kunjungi Pasar Waru Cek Harga Kebutuhan Pokok

 

Diketahui berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada dasarian kedua Oktober dan November, terdapat hujan dengan intensitas sedang hingga rendah. Namun, pada dasarian kedua November hingga Desember, diprediksi akan terjadi peningkatan curah hujan.

Politisi PDP Perjuangan itu juga meminta BPBD PPU untuk menyiapkan segala hal yang terkait dengan bencana dalam situasi seperti saat ini.

“Mulai dari peralatan, personel dan sebagainya. Bentuknya adalah antisipasi. Jangan sampai kalau terjadi bencana, kita semua tidak siap,” pungkasnya. (ADV/DPRDPPU)

 

Related posts