Dorong Pengembangan SDM, Irawan Hadiri Sosialisi Program TKM Kawasan di Kecamatan Waru

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Dapil Waru-Babulu, Kalimantan Timur, Irawan Heru Suryanto terus berjuang untuk mendorong alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) guna pendanaan pembangunan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan lapangan kerja di Serambi Nusantara, Kabupaten PPU.

Hal ini ia tegaskan saat menghadiri sosialisasi program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Kawasan oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) Republik Indonesia di J-Kopi, Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, PPU, Selasa (31/10/2023) kemarin.

 

“Kemajuan ekonomi suatu negara, pada umumnya didukung oleh jumlah wirausaha yang makin banyak. Oleh karena itu saya sebagai wakil rakyat mendukung program ini sebagai bentuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja demi kesejahteraan masyarakat terlebih PPU bagian dari Ibukota Negara (IKN) Nusantara,” kata Irawan.

Kata dia, TKM Kawasan ini merupakan hasil kerjasama Kemenaker dan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai mitra pendamping program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan.

Baca Juga :  Sesuai Intruksi Presiden, Pemda PPU Konsen Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem di Daerah

“Ada berbagai macam jenis usaha. Saya mengerahkan program TKM Kawasan ini untuk warga kita di Kecamatan Waru. Saya harap kedepan warga kita bisa mendapatkan bantuan untuk menunjang usahanya,” lanjut Irawan.

 

Untuk mendapatkan bantuan ini di beberkan Irawan masyarakat wajib memiliki kelompok. Dan tiap kelompok minimal 10 orang anggota.

“Bantuanya 20 juta per kelompok. Ada 6 paket Program Pelatihan MTU (Mobile Training Unit) yang diberikan kepada masyarakat Kecamatan Waru,” bebernya.

Dikatakan Irawan dalam program TKM Kawasan ini akan diberikan berbagai pelatihan. Diantaranya pelatihan budidaya ikan air tawar dan budidaya sayuran dan pelatihan desain kemasan, pelatihan digital marketing serta pelatihan produktivitas.

“Semoga program ini bisa terlaksana dengan baik. Kita tidak boleh hanya jadi penonton. Kita harus memberdayakan warga sekitar IKN,” pungkasnya. (ADV/DPRDPPU)

Related posts