Diskominfo PPU Gelar Bimtek E-Office Siapkan Pengelolahan Dokumen Secara Online

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kabupaten PPU menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Elektronik Office (e-office) di lingkungan pemerintah kabupaten PPU.

Bimtek ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, H. Tohar di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU, Selasa, (9/1/2024).

Read More

Dalam sambutannya Tohar mengatakan e-Office adalah sistem informasi manajemen perkantoran dan persuratan. Dikenal sebagai aplikasi tata naskah dinas elektronik. Dalam era yang semakin modern dan terhubung, peralihan ke teknologi ini sangatlah relevan, terutama dalam menjaga keamanan data, mengurangi birokrasi, dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Bimtek ini sambung dia, adalah langkah awal yang penting dalam upaya untuk memahami dan menerapkan teknologi ini dengan baik. Dalam Bimtek ini, peserta akan mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang konsep e-office untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola urusan persuratan dan administrasi perkantoran, serta bagaimana mengintegrasikannya ke dalam berbagai aspek pekerjaan sehari-hari.

“ Kami merasa sangat bangga dan bersyukur karena kabupaten PPU terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, efisiensi, dan efektivitas dalam menjalankan roda pemerintahan. Salah satu upaya nyata dalam rangka mewujudkan itu adalah dengan menerapkan e-office dalam berbagai proses administratif di lingkungan pemerintahan kita,” ucapnya.

Baca Juga :  Pj Bupati: Pelaksanaan Pemilu di PPU Berjalan Kondusif

Sebagai sebuah kabupaten yang terus berkembang tambah Tohar, PPU harus ikut bergerak maju dengan teknologi modern. Penerapan e-office adalah langkah yang tepat dalam mewujudkan visi daerah sebagai pemerintah yang efisien dan inovatif.

Melalui e-office akan membawa berbagai manfaat diantaranya memudahkan pengelolaan surat masuk dan surat keluar secara elektronik. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan surat menyurat dan pelayanan publik, mempercepat pengelolaan Tata Naskah Dinas secara elektronik, mewujudkan birokrasi modern yang efektif dan efisien di instansi Pemerintah.

“ Kami menyadari bahwa, penerapan teknologi baru memerlukan pemahaman dan keterampilan baru. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia kami melalui pelatihan dan pendidikan yang relevan,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten PPU, Khairuddin mengatakan bahwa maksud dan tujuan bimtek sistem E-Office ini adalah untuk memfasilitasi instansi dalam pengelolaan dokumen surat menyurat secara online agar tercapainya efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan tata naskah dinas.

“ Kegiatan dilaksanakan selama empat hari dengan dua bagian. Bagian pertama terdiri dari pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, beserta admin staf, kemudian bagian kedua pada kamis dan jumat dengan peserta camat, lurah, kepala UPT, dan kepala Desa dengan Narasumber berasal dari Kementrian Dalam Negeri dan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara,” bebernya. (ADVERTORIAL)

Related posts