Selamat! Hamdan Zoelva- Reyvianda Sebagai Duta Wisata dan Nabila Putri Giswatama Sebagai Putri Pariwisata Benuo Taka 2024

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Gelaran pemilihan Duta Wisata Benuo Taka, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) telah selesai pada Sabtu, (29/06/2024) malam.

Grand final yang berlangsung meriah di Alun-Alun Kantor Bupati PPU itu menjadi ajang unjuk bakat dan kecerdasan para pemuda-pemudi Kabupaten PPU .

Read More

Duta wisata kali ini mengusung tema “Candaka Prana Nusantara” yang menggambarkan anak – anak muda sebagai sosok duta wisata yang diutus sebagai nafas kehidupan di Nusantara.

Candaka Prana Nusantara diambil dari bahasa sanskerta, Candaka berarti duta yang dapat dipercaya dan Prana berarti nafas atau kekuatan hidup, sementara Nusantara merupakan sebutan bagi Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia.

Selain dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun juga nampak Deputi Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dibupar) PPU, Andi Israwati Latief, Ketua TP PKK PPU, Linda Romauli Siregar pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat, hingga warga setempat yang antusias mendukung para finalis.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati PPU, Makmur Marbun mengatakan sebagai seorang duta wisata harus menjaga kelestarian budaya, menebarkan semangat untuk mewujudkan sapta pesona.

Selain itu kata dia, harus menjadi individu yang menanamkan sadar wisata, sehingga bukan hanya sekedar suka terhadap apa yang dilakukan, namun sudah mencintai dan menjadi bagian dalam diri seorang duta wisata, untuk selalu meneriakkan tentang kekayaan pariwisata dan indahnya keberagaman budaya yang ada.

Baca Juga :  Sekretaris OIKN Sampaikan Masa Depan IKN dalam Power Talk: Nusantara

“Duta wisata merupakan public figur yang memiliki semangat belajar tinggi dan terus berupaya mengembangkan dirinya menjadi pribadi yang berkualitas. Dengan begitu, dirinya dapat menjadi teladan bagi masyarakat sekitar,” kata Makmur Marbun.

Makmur Marbun menambahkan acara yang digelar setiap setahun sekali itu mewujudkan generasi muda yang saling berkoordinasi dan berintegritas dalam mengusung dunia kepariwisataan Kabupaten PPU terlebih PPU sudah menjadi IKN sehingga peran para duta wisata sangat berperan dalam mempromosikan destinasi objek wisata yang menjadi tujuan para wisatawan, maupun dalam bidang pemasaran promosi wisata.

Sementara itu Kepala Disbudpar PPU Andi Israwati Latief yang juga selaku dewan juri mengatakan ada beberapa kriteria penilaian mulai dari penjaringan dengan melalui berbagai tahapan seleksi yang dilakukan Disbudpar bersama dengan Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kabupaten PPU.

Dan akhirnya kata dia, dewan juri memberikan penilaian tertinggi kepada  pasangan Muhammad Hamdan Zoelva- Reyvianda sebagai pemenang Duta Wisata Benuo Taka 2024.

Andi Israwati Latief membeberkan dalam grand final tersebut selain Muhammad Hamdan Zoelva- Reyvianda sebagai Duta Wisata Benuo Taka dan Nabila Putri Giswatama sebagai Putri Pariwisata Benuo Taka 2024.

“Selamat kepada Putra-Putri yang terpilih, selamat mengemban tugas yang telah diberikan. Yang belum terpilih jangan berkecil hati, patut bangga dan yakinlah bahwa seluruh peserta¬† adalah putra dan putri terbaik yang mampu membawa kemajuan pariwisata di PPU,” ungkapnya. (ADVERTORIAL)

Related posts