Presiden Tinjau Miniatur Reforestrasi Hutan Tropis dan Lakukan Penanaman Pohon

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Presiden Joko Widodo melakukan penanaman pohon di lokasi Miniatur Reforestrasi Hutan Tropis, Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada hari Rabu, 20 Desember 2023.

Setibanya di sana, Presiden Jokowi terlebih dahulu meninjau sejumlah fasilitas Miniatur Reforestrasi Hutan Tropis. Selanjutnya, Presiden Jokowi didampingi para menteri melakukan penanaman pohon bangkirai yang diikuti bersama sejumlah masyarakat.

Dalam keterangan terpisah, Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Mirna Safitri menyampaikan bahwa Miniatur Reforestrasi Hutan Tropis tersebut merupakan sebuah tempat untuk menjadi living lab dalam pengembangan inovasi untuk melakukan reforestasi di IKN.

“Miniatur Hutan Hujan Tropis ini bertujuan sebagai sebuah living lab bagi berbagai pihak yang tertarik untuk mengembangkan inovasi-inovasi dalam upaya melakukan reforestasi dalam area area yang dilindungi di Nusantara,” jelasnya.

Mirna pun menjelaskan sejumlah fasilitas yang ditinjau oleh Presiden dalam kunjungannya antara lain pusat informasi yang menjelaskan tentang ekosistem hutan tropis di Kalimantan. “Yang pertama itu sebagai pusat informasi yang menjelaskan mengenai ekosistem hutan tropis di Kalimantan dan upaya-upaya untuk melakukan reforestrasi,” ungkapnya.

Selanjutnya, lokasi lain yang ditinjau oleh Presiden adalah bangunan yang memuat sejumlah produk hasil hutan yang dikembangkan oleh masyarakat Kalimantan Timur. Mirna menyebut produk hasil hutan yang ada di Kalimantan tidak hanya produk kayu saja, tetapi juga produk nonkayu.

Baca Juga :  Makmur Marbun Mutasi 20 Pejabat Eselon II di Lingkup Kabupaten PPU

“Kemudian bangunan yang lain itu berisi berbagai macam produk-produk hasil hutan yang dikembangkan oleh warga masyarakat di Kalimantan Timur yang menunjukkan bahwa kekayaan hutan itu bukan hanya kayu tetapi berbagai macam hasil hutan nonkayu yang mempunyai nilai tambah ekonomi,” imbuhnya.

Selain itu, di sana juga terdapat persemaian transit yang berfungsi sebagai tempat adaptasi bibit tanaman sebelum proses penanaman di lingkungan IKN.

“Digunakan untuk memberikan kesempatan bibit tanaman dari Persemaian Mentawir untuk beradaptasi dulu sebelum nanti dilakukan penanaman,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Kepala Otorita IKN Bambang Soesantono, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Related posts