Pemkab PPU Monev Pemanfaatan Aplikasi e-Office

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan monitoring dan evaluasi (monev) pemanfaatan aplikasi e-Office, Rabu (5/6/2024) di ruang rapat Kantor Diskominfo PPU.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perangkat daerah dan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yakni Hidayat Tulloh selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Produk Hukum Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Derah Kemendagri dan Safaruddin Hidayat Al Ikhsan selaku tenaga ahli IT e-Office.

Read More

Aplikasi e-Office merupakan aplikasi administrasi perkantoran berbasis elektronik yang diinisiasi oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun guna meningkat efisiensi dan efektivitas administrasi di lingkungan Pemkab PPU. Penggunaan aplikasi ini telah berjalan selama lima bulan sehingga dibutuhkan monev untuk menyempurnakan penggunaan aplikasi e-Office.

Kepala Diskominfo PPU Khairudin pada kegiatan monev menyampaikan tujuan monev dilaksanakan untuk pengembangan aplikasi lebih baik lagi sesuai dengan kebutuhan perangkat daerah.

“Evaluasi terkait dengan apa yang telah kita lakukan dari bulan Januari hingga saat ini sebagaimana dari perangkat daerah, bapak/ibu yang ditunjuk untuk sebagai admin. Tentunya dari pimpinan sudah menyampaikan bahwa ditugaskan untuk hadir di sini memberikan masukan terhadap apa yang (menjadi) kekurangan untuk dilengkapi di e-office,” ucapnya.

Baca Juga :  Irawan : Pemkab Harus Serius Tangani Faktor Penyebab Banjir di PPU

Ia menyebut masukan yang diberikan oleh masing-masing perangkat daerah dapat membantu pengembangan aplikasi dan mempermudah administrasi secara digital.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Produk Hukum Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Derah Kemendagri Hidayat Tulloh menyampaikan penggunaan e-Office oleh Pemkab PPU berjalan dengan sangat baik. Hal ini dilihat dari jumlah surat keluar yang sangat tinggi sekitar dua belas ribu surat yang menandakan penggunaan aplikasi ini masif dilakukan di semua perangkat daerah.

“Kami sangat bangga bahwa ini berjalan lebih dari ekspektasi kami, lima bulan, ternyata orang Penajam Paser Utara ini hebat-hebat, dikasih program ini langsung bisa running well,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa tujuan monev ini adalah menggali kendala yang dialami perangkat daerah untuk penyempurnaan e-Office. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja saat ini yang berbasis SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). (ADVERTORIAL)

Related posts