Pemkab PPU Gelar Upacara Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) gelar upacara Hari Bela Negara ke – 75 Tahun 2023 dengan tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju” di halaman depan Kantor Bupati PPU,Selasa (19/12/2023).

Upacara berlangsung dengan khidmat dipimpin oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten PPU Tohar selaku inspektur upacara dan dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten PPU, serta ketua partai dan ketua organisasi kemasyarakatan (ormas) se-Kabupaten PPU.

Dalam sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dibacakan langsung oleh Sekda Tohar mengatakan, tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

“Kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),”ungkap tohar

Baca Juga :  Silaturahmi Dengan PCNU PPU, Ini Kata Mudyat Noor

Lanjut Tohar menambahkan bahwa bela negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer, tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera. Semangat Hari Bela Negara ke-75 “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju,”pungkasnya.

Diakhir kegiatan dirangkai penyerahan hadiah Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten PPU Tahun 2023.
Juara I SMAN I PPU memperoleh dana pembinaan sebesar Rp 2.000.000
Juara II SMAN Itci PPU memperoleh dana pembinaan sebesar Rp 1.500.000
Juara III SMAN 4 PPU memperoleh dana pembinaan sebesar Rp 1.000.000. (ADVERTORIAL)

Related posts