Makmur Marbun : Safari Ramadhan Momentum Perkuat Silaturahmi Sekaligus Aarana Serap Aspirasi Progres Pembangunan Pemda

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berserta jajaran OPD melaksanankan kegiatan safari ramadhan dan buka puasa bersama di Pondok Pesantren Tazkiah Desa Bangun Mulyo Kecamatan Waru. Jumat (15/03/2024).

Kegiatan yang menjadi agenda tahunan ini merupakan program rutin bidang keagaman Pemkab PPU dalam setiap bulan suci ramadhan untuk bersama-sama hadir dan melaksanakan rangakaian safari ramadhan, peringatan Nuzul Qur’an hingga perayaan idul fitri Tahun 1445 H/2024 M.

Read More

Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun mengungkapkan makna dalam momentum buka puasa bersama ini yaitu dapat dimaknai sebagai bentuk ketaatan dan totalitas dalam menjalankan perintah agama.

Kata dia kegiatan ini, dirasakan dapat lebih mengembangkan jalinan silaturahmi antara masyarakat dan pemerintah.

” Safari ramadhan dan buka puasa bersama ini menjadi sarana bagi pemerintah daerah untuk menyerap aspirasi masyarakat selain bersilaruhami, sehingga dapat melihat langsung sejauh mana hasil pembangunan pemerintah daerah dan manfaatnya bagi masyarakat,” ucap Marbun.

Lebih lanjut, Ia juga menerangkan bahwa didalam momentum ramadhan ini juga memperkuat rasa toleransi antar umat beragama.

“Ini adalah hal utama dan sangat penting dalam membangun masyarakat yang harmonis dan inklusif,” bebernya.

Dikatakan Makmur Marbun bahwa toleransi adalah sikap terbuka dan penghargaan terhadap perbedaan, terutama dalam konteks keyakinan dan agama sehingga sampai saat ini tetap hidup rukun berdampingan dalam bingkai keragaman yang majemuk.

Baca Juga :  Komunitas Gembel Gelar Diskusi 22 Tahun Kabupaten PPU

Bahkan, Marbun turut menambahkan sebagai masyarakat yang majemuk tentunya dapat memberikan penghargaan terhadap keragaman, menghormati perbedaan, dialog antar agama, kesamaan nilai, menolak kekerasan berbasis agama, pendidikan dan kesadaran, serta komitmen bersama.

Untuk itu, toleransi antar umat beragama haruslah didukung oleh tindakan konkret dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan pribadi, masyarakat, maupun kehidupan politik.

“Dengan memperkuat toleransi dan menghormati keberagaman, kita dapat menciptakan dunia yang lebih damai dan harmonis bagi semua orang,” sambungnya.

Ia juga mengajak masyarakat agarĀ  rasa persatuan dan kesatuan serta kebersamaan yang telah terjalin saat ini.

“Hilangkan perbedaan dan permusuhan dan marilah kita bergendengan tangan dan hidup berdampingan satu sama lain dengan saling menghormati, saling mengasihi dan saling membantu mengatasi masalah kita bersama,” bebernya.

Dan terakhir, ia juga menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, agar tercipta suasana yang kondusif, terutama dibulan Ramadhan ini sampai Idul Fitri nanti,” ujarnya.

Diakhir penyampaiannya, Makmur Marbun turut berterima kasih kepada seluruh masyarakat PPU atas dukungan dan kepercayaan selama enam bulan menjabat.

Khususnya dalam mengemban amanah ini sehingga dapat membawa Serambi Nusantara ini lebih maju, lebih baik dan berkembang seiring dengan hadirnya IKN Nusantara ditengah masyarakat PPU. Pungkasnya

Tampak hadir dalam safari ramadhan Pemkab PPU tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar, Unsur Forkopimda PPU, Ketua TP-PKK Kabupaten PPU Linda Romauli Siregar, Ketua Darma Wanita PPU dan jajaran kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten PPU. (ADVERTORIAL)

Related posts