Kesan dan Apresiasi Para Duta Besar Terhadap Persemaian Mentawir

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Usai meresmikan Persemaian Mentawir, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa, 4 Juni 2024, Presiden Joko Widodo mengajak sejumlah duta besar dan pemimpin lembaga internasional untuk melakukan peninjauan. Tampak Presiden Jokowi juga menjelaskan beragam jenis bibit tanaman yang ada di Persemaian Mentawir.

Para duta besar pun memberikan kesan dan mengungkapkan kekaguman mereka atas upaya yang dilakukan Indonesia dalam menggalakkan reboisasi dengan pendekatan berbasis keanekaragaman pohon. Salah satunya Kevin Tokar, yang merupakan Kepala Kerja Sama Pembangunan di Kedutaan Besar Kanada di Indonesia.

Read More

“Sangat luar biasa melihat lanskap dan upaya persemaian ini untuk memastikan IKN dan wilayah sekitarnya menjadi bagian dari masa depan yang hijau dan berkelanjutan bagi Indonesia,” ujar Kevin Tokar.

Senada, Carolyn Turk, Direktur Regional Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, juga mengaku mendapatkan pengalaman menarik saat berkunjung ke Persemaian Mentawir. Ia menyebut persemaian tersebut sebagai inisiatif yang luar biasa dari pemerintah Indonesia.

Baca Juga :  Silaturahmi Dengan PCNU PPU, Ini Kata Mudyat Noor

“Itu inisiatif yang luar biasa, dan saya sangat senang terutama atas fokus dalam memperkenalkan keberagaman dan semua jenis pohon yang digunakan dalam reforestasi, tidak hanya menggunakan pohon eukaliptus, tapi juga semua jenis pohon yang berbeda-beda. Luar biasa,” ucap Carolyn Turk.

Di sisi lain, Kristian Netland, Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Norwegia di Jakarta, juga mengapresiasi peresmian Persemaian Mentawir. Ia menilai Persemaian Mentawir telah terorganisasi dengan sangat baik dan menggunakan teknologi canggih.

“Ini merupakan inisiatif yang sangat luar biasa untuk melakukan reforestasi di Indonesia. Kami senang bisa mendukung ini,” tutur Kristian Netland.

Inisiatif Persemaian Mentawir menjadi contoh nyata bagaimana kerja sama antarnegara dan dukungan internasional dapat memperkuat upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Semangat positif dari para duta besar ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi upaya-upaya reboisasi di Tanah Air.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan ini adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

 

Related posts