Jokowi: Memorial Park IKN sebagai Penghormatan bagi Pahlawan dan Pendiri Bangsa

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama atau Groudbreaking Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, (17/01/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyebut bahwa Memorial Park tersebut dibangun untuk menghormati para pahlawan dan pendiri bangsa yang telah menjadikan Indonesia merdeka.

Read More

“Memorial Park yang nantinya ini akan menjadi penghormatan kita kepada para beliau-beliau para pahlawan, pada pendiri bangsa yang telah bekerja keras untuk memerdekakan bangsa dan negara, serta rakyat Indonesia,” ujar Presiden.

Memorial Park IKN dibangun di area seluas 2.034 meter persegi. Pembangunan Memorial Park IKN ini akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara dan akan menjadi salah satu hal yang menarik atau _point of view_ di IKN.

“Juga nantinya ini akan–biasanya kalau ada tamu-tamu negara–peletakan bunga juga akan dilakukan di Memorial Park ini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Jokowi Groundbreaking RSUP Pertama di Nusantara

Memorial Park ini dibangun dengan biaya kurang lebih Rp361 miliar dan dilengkapi dengan area altar, tangga, infrastruktur kawasan, dan lanskap. Pembangunan ditargetkan akan selesai di bulan Agustus 2024 tahun ini.

Memorial Park ini juga akan melengkapi berbagai fasilitas yang telah dibangun di IKN, termasuk untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus 2024.

“Sekali lagi, tempat ini akan selalu mengingatkan rakyat Indonesia, mengingatkan kita semuanya pada jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Related posts