Jokowi Apresiasi Kontribusi Investor Kaltim Bangun Kompleks Pergudangan Pintar dan Hijau

HARIANPPU.ID, PENAJAM- Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi terhadap pembangunan Nusantara Warehouse Park (NWP) di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Menurut Presiden, pergudangan yang mengusung konsep smart, green, sustainable dan berada di atas lahan 3,3 hektare tersebut dibangun oleh investor lokal yang berasal dari Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

“Investasinya juga tidak kecil, Rp100 miliar untuk tahap awal,” ujar Presiden dalam sambutannya saat menghadiri peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan NWP pada Rabu, 17 Januari 2024.

Read More

Lebih lanjut, Presiden menjelaskan bahwa pergudangan tersebut nantinya akan memanfaatkan teknologi modern. Hal tersebut penting untuk meningkatkan efisiensi dalam pelayanan logistik.

“Pergudangan ini akan memanfaatkan teknologi modern untuk meningkatkan efisiensi, menerapkan sistem pintar di seluruh layanan, dan memberikan pelayanan logistik yang lebih cepat, lebih efisien, dan ramah lingkungan,” ungkap Presiden.

Presiden pun berharap kehadiran usaha-usaha baru di IKN akan membuka banyak lapangan kerja baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di IKN, termasuk kota-kota di sekitarnya. Tidak hanya itu, kehadiran Nusantara Warehouse Park juga diharapkan dapat melengkapi berbagai fasilitas pendukung di IKN.

Baca Juga :  Makmur Marbun Ingin Rakernas Hotel dan Restoran se-Indonesia Digelar di PPU

“Menjadi contoh bagi industri pergudangan di seluruh Indonesia untuk menekan biaya logistik dan memperkuat rantai pasok domestik kita,” ucap Presiden.

“Saya senang bahwa di IKN banyak investasi yang sudah saling melengkapi, ada hotel, ada sekolah, ada pergudangan, ada mal, ada superblok macam-macam tidak satu macam tapi macam-macam yang saling mengisi sehingga kita harapkan ini akan makin meramaikan investasi yang ada di Ibu Kota Nusantara kita,” tutur Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam kesempatan tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Related posts